Asihono Juru Kunci Merapi

Asihono Juru Kunci Merapi. Mbah Maridjan sekarang sudah tiada akibat letusan gunung Merapi. Akibatnya tak ada lagi yang menjadi juru kunci gunung Merapi setelah mbah Maridjan. Setelah banyak nama-nama calon pengganti Mbah Maridjan, akhirnya kini sudah didapat penggantinya, Asihono.

Hari ini, senin (04/04/2011) adalah hari pelantikan Asihono sebagai juru kunci gunung Merapi. Pelantikan dilakukan oleh Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat. Asihono adalah putra ketiga (alm) Mbah Maridjan. Asih pun berjanji akan selalu berkoordinasi dan ajak masyarakat untuk ikut menjaga gunung teraktif dunia itu.

Sebagai abdi dalem, dirinya juga akan mematuhi semua aturan yang telah ditetapkan oleh Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat. Abdi dalem harus dapat mengemban tugas sebagai penjaga dan pelestari budaya di Yogyakarta.

Menurut Asih, sebelum dilantik menjadi juru kunci Merapi, dirinya juga sudah diberikan beberapa pesan oleh keraton melalui GBPH Joyokusumo yang menjabat sebagai Panghageng Kawedanan Ageng Panitrapura untuk selalui berkomunikasi dan koordinasi dengan semua pihak baik kraton, pemerintah setempat dan Vulkanologi maupun BPPTK (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian) seperti yang telah dipesan.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Recent Post

Followers