Gempa Jepang 7,4 SR | Foto & Video

Gempa Jepang 7,4 SR. Jepang kembali diguncang gempa yang terjadi pada Kamis (7/4) pukul 23.32 waktu Tokyo atau pukul 21.32 WIB. Gempa Jepang tersebut berkekuatan besar, 7,4 skala Richter (SR). Badan Meteorologi Jepang pun mengeluarkan peringatan tsunami dengan gelombang hingga dua meter.

Gempa tersebut awalnya diukur pada skala 7,4 SR, namun US Geological Survey di Golden, Colorado, kemudian menurunkan jadi 7,1 SR. BMKG Jepang sempat mengeluarkan peringatan tsunami. Namun akhirnya peringatan tsunami Jepang ini dicabut pukul 00.55 waktu setempat, atau pukul 22.55 WIB. Daerah prefektur Miyagi, Aomori, Iwate, Fukushima dan Ibaraki pun dinyatakan aman.

Pusat gempa pada Kamis malam tersebut berlokasi di 118 kilometer sebelah utara Fukushima. Menurut Badan Meteorologi, bila tsunami menerjang maka prefektur Miyagi yang kini masih porak-poranda akibat tsunami Jepang dan gempa 8,9 SR pada 11 Maret lalu bisa rata dengan tanah.

Video Gempa Jepang  yang disiarkan pada berita televisi NHK pagi tadi mengabarkan korban akibat gempa susulan ini sekitar dua orang tewas dan 100 orang terluka. Meski tak dilaporkan kerusakan parah dan PLTN Fukushima dinyatakan aman dari gempa tersebut, tapi masyarakat internasional khususnya negara-negara di Asia makin was-was terkait dampak radiasi.






0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Recent Post

Followers